Articles, Blog

4 Cara Mengatasi Diabetes

October 12, 2019


Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini saya akan membahas topik yaitu tentang : “4 Solusi yang Dapat Anda Lakukan di Rumah Apabila Anda Mengatasi Diabetes atau Kencing Manis”. Sebelum anda menonton video ini, ada baiknya anda tonton dulu video saya sebelumnya, yaitu tentang diabetes mellitus. Anda bisa klik disini. Anda bisa tonton videonya sampai habis dan jika perlu, anda bisa menonton videonya berulang kali. Karena dengan mengerti dan memahami bagaimana terjadinya diabetes, maka anda dapat merawat diri anda dengan lebih baik lagi. Sobat sehat, tentunya anda sudah menonton video saya yang sebelumnya. Jadi, disini ada beberapa faktor seperti ras, warna kulit, usia, dan jenis kelamin. Itu tidak dapat kita ubah walaupun sekarang banyak yang melakukan operasi ganti kelamin dari pria menjadi wanita. Tetapi di video ini bukan hal itu yang ingin saya bahas. Pada video ini yang ingin saya bahas adalah bagaimana solusi yang dapat anda lakukan di rumah dengan cara mengubah faktor-faktor yang dapat anda ubah. Misalkan anda mengalami obesitas. Anda dapat menurunkan berat badan anda. Bagi anda yang kecanduan rokok, alkohol, atau makanan manis, anda juga dapat menguranginya. Dan bahkan, anda dapat berhenti total. Mengatur pola makan yang baik dan olahraga rutin juga dapat anda lakukan sehari-hari. Jadi sobat sehat, disini saya akan membagikan 4 solusi yang dapat anda lakukan di rumah. Solusi yang pertama adalah diet. Diet yang saya maksud disini adalah mengatur pola makan anda. Kunci dari menjaga kadar gula darah agar tetap terkontrol atau tetap normal adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Yaitu karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Mungkin ada beberapa sobat sehat yang bertanya, “Dok, kalau saya diabetes, bolehkah saya makan buah durian?”. Sebenarnya tidak boleh. Karena buah durian mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga membuat lonjakan pada kadar gula darah anda. Untuk lebih jelasnya tentang apa itu karbohidrat kompleks dan apa itu karbohidrat dengan indeks glikemik rendah, anda bisa klik link deskripsi di bawah ini. Saya akan memberi penjelasan tentang apa yang dimaksud karbohidrat tersebut. Lalu, pada makanan anda anda boleh mengkonsumsi protein dengan bahan organik serta lemak yang sehat. Selain itu, makanlah dengan interval yang teratur. Dengan kata lain, jadwal anda harus tepat. Dan sekali makan, jangan langsung makan dalam porsi yang besar. Ketika anda makan dengan porsi yang besar, apalagi dengan makanan tinggi gula, kadar gula darah anda akan melonjak naik dan mengakibatkan pankreas anda bekerja lebih keras menghasilkan insulin di luar batas normal. Atau jumlahnya melebihi batas normal. Hal ini akan memperberat dan akan memperparah penyakit anda. Kemudian, ada beberapa makanan yang saya anjurkan untuk anda. Dan anda boleh mencatatnya jika anda merasa pengucapan saya terlalu cepat. Anda juga boleh mengulangi video saya ini berulang kali. Makanan yang dapat anda konsumsi antara lain adalah : kacang kedelai, kacang merah, dan beberapa jenis kacang-kacangan. Kemudian, anda boleh menambahkan ubi, tahu, labu, seledri, bayam, kol, lobak, kemudian quinoa, oats, ikan, dan putih telur. Anda juga bisa mengkonsumsi low fat yoghurt dan daging ayam tanpa lemak. Yoghurt yang dimaksud disini adalah yoghurt plain. Jangan mengkonsumsi yoghurt dengan banyak gula, apalagi banyak lemak. Dan ini semua adalah makanan-makanan yang saya anjurkan dan baik untuk anda, terutama bagi penderita diabetes. Kemudian, anda juga harus menghindari makanan-makanan yang mengandung tinggi gula. Terutama makanan-makanan olahan, minuman-minuman bersoda, permen, madu, alkohol, dan rokok. Kafein yang berlebihan juga dapat menganggu sistem metabolisme di dalam tubuh anda. Semoga diet atau pola makan yang saya berikan ini dapat membantu anda dalam mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh anda. Kemudian yang kedua adalah suplemen. Jadi, anda boleh menambahkan suplemen untuk anda konsumsi sehari-hari. Suplemen yang pertama adalah chromium. Dimana chromium dapat mengurangi kadar gula di dalam darah. Sebaiknya anda konsumsi secara teratur, setidaknya kurang lebih selama 2 bulan agar anda bisa melihat hasilnya. Dan tentu saja harus diimbangi dengan yang nomor satu tadi. Jika anda hanya mengkonsumsi suplemen saja, tetapi makanan anda masih ‘sembarangan’, lupakan saja jika anda ingin gula darah anda terkontrol. Kemudian, vitamin yang selanjutnya adalah vitamin E, vitamin B kompleks, coenzyme Q10, dan L-carnitine. Jadi, beberapa jenis vitamin ini telah diteliti dapat membantu mengontrol gula di dalam darah anda. Solusi yang ketiga adalah berolahraga atau aktivitas fisik. Olahraga yang saya maksud disini terutama bagi anda yang pemula. Yang sebelumnya anda tidak pernah berolahraga dan pekerjaan anda hanya duduk atau berbaring saja, anda bisa memulai olahraga dengan berjalan cepat. Dan yang saya anjurkan adalah anda berjalan cepat paling sedikit selama 30 menit. Kalau bisa, anda teruskan selama 1 jam. Olahraga ini sangat baik untuk membantu metabolisme di dalam tubuh anda. Kemudian olahraga lain yang dapat anda lakukan adalah bersepeda, berenang, dan lakukanlah olahraga aerobik kesukaan anda. Dimana semua jenis olahraga ini dapat memperbaiki sistem metabolisme di dalam tubuh anda. Jika metabolisme di dalam tubuh anda baik, maka sistem di dalam tubuh anda semuanya dapat bekerja dengan baik. Kemudian, yang keempat adalah hal-hal yang perlu anda hindari. Kalau bisa, anda hentikan. Yaitu yang pertama adalah duduk terus-menerus dalam waktu lama. Dan di video saya sebelumnya saya juga sudah membahas apa bahayanya jika anda duduk terus-menerus dalam waktu lama. Anda bisa klik disini. Ada icon (i) silahkan anda tekan untuk menonton videonya. Kemudian, berusahalah untuk lebih aktif melakukan kegiatan fisik/melakukan aktivitas. Kemudian yang perlu anda hindari yang kedua adalah stress dan gejolak emosi yang negatif. Sebenarnya ketika anda membenci suatu benda, membenci orang lain ataupun membenci binatang peliharaan tetangga, itu tidak melukai mereka. Tetapi melukai diri anda sendiri. Dengan seperti ini, sebenarnya anda telah merusak sistem di dalam tubuh anda. Termasuk metabolisme di dalam tubuh anda. Stress berlebihan juga berdampak pada sistem pencernaan anda. Dan bagi anda penderita diabetes, sebaiknya anda berlatih untuk mengurangi stress, stress management, dan melatih emosi anda. Kemudian yang perlu anda hindari lagi yang ketiga adalah cemas yang berlebihan. Banyak orang yang mengalami cemas berlebihan karena mereka terlalu khawatir dengan nasib mereka di masa depan atau mereka selalu mengingat masa lalu. Mungkin bahasa kerennya sekarang adalah tidak mudah untuk move on. Ini adalah bahasa anak muda, semoga anda dapat mengerti. Sebenarnya saya bukan melarang anda melakukan perencanaan untuk masa depan anda. Anda boleh melakukan perencanaan, tetapi tidak untuk khawatir berlebihan. Belum apa-apa anda sudah takut. “Kalau saya melakukan ini bagaimana? Bagaimana kalau nanti saya rugi dan sebagainya?”. Anda bisa melakukan perencanaan dengan baik, anda bisa berkonsultasi dengan mentor anda. Carilah mentor yang baik untuk anda. Atau carilah teman yang dapat anda ajak untuk diskusi mengenai masa depan anda. Kemudian, yang perlu anda hindari selanjutnya adalah makanan olahan dan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Jika anda bingung dengan apa itu dengan indeks glikemik tinggi ada beberapa macam, anda bisa klik link deskripsi di bawah ini. Saya akan memberikan penjelasannya untuk anda. Jadi sobat sehat, ini adalah 4 solusi yang dapat anda lakukan di rumah dan dapat anda lakukan setiap hari bagi anda yang menderita diabetes. Semoga video yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk anda. Dan bagi anda yang menonton video ini jika masih anak-anak, anda bisa share video ini kepada orang tua anda dan share kepada orang-orang yang membutuhkan video ini. Kemudian disini saya juga memberikan rekomendasi 2 video lagi yang dapat anda tonton. Semoga video yang saya berikan dapat menambah wawasan anda dalam bidang kesehatan dan gaya hidup. . Jika anda menyukai channel kesehatan seperti ini jangan lupa klik like di bawah ini, subscribe dan share kepada teman-teman anda. Jangan lupa ada icon lonceng di sebelah kanan anda, silahkan anda klik untuk mendapatkan notifikasi video-video saya selanjutnya. Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

You Might Also Like

100 Comments

  • Reply SINAR BARU February 24, 2019 at 6:59 pm

    Dok saya kesemutan pas lagi gak ada duit
    Apakh itu ciri diabetes

  • Reply Atik Widiarni February 26, 2019 at 10:18 am

    Dok saya juga ada lambung apa boleh makan buah dan yogurt

  • Reply Mustaqim Taqim February 26, 2019 at 10:55 am

    Dok ibu saya punya gula , sering muntah2 dan lambung nya terasa sakit… Cara mengatasinya gimana ?

  • Reply Sumiyati Santoso February 26, 2019 at 12:20 pm

    Terima kasih banyak pak dokter infonya,sgt bermanfaat.

  • Reply Ratna karisma Dita February 27, 2019 at 4:36 am

    Kalok makan kentang boleh gak ?

  • Reply Jatic Cruz February 27, 2019 at 9:55 pm

    Pa Doc. Orang dgan penyakit DM buah Pisang Nga boleh makan yah??

  • Reply zoom2017 zoom February 28, 2019 at 1:29 pm

    Dokter gmn kl saya enggk diabetes tp saya minum vitamin yng ada di vd ini boleh atau tidak.?

  • Reply Winarno Saja March 2, 2019 at 11:41 am

    Dok…penderita diabetes boleh gak minum air kelapa muda ..

  • Reply Nisa Tunggal March 2, 2019 at 12:28 pm

    Sya Smp 14 thn..dan sya merasa gejala2 tsb ada pd diri sya..terutama sering haus krn mulut merasa tdk enak..dn sering lapar mskipun sudah makan..semoga kita semua di beri kesehatan lahir bathin dari yg Maha Esa Aamiin.

  • Reply Cinta Kamu March 5, 2019 at 12:01 pm

    Dok klo minum kopi 1x shari berlebihan gk

  • Reply Siffa Niaya March 16, 2019 at 12:39 am

    dok tolong bantu saya ibu saya sakit diabetes tapi perut nya bengkak gimana obat nya tlng dong

  • Reply Makoza Marcos March 21, 2019 at 2:19 am

    Dok ,, apakah penyakit asam urat,diabetes dan kolesterol itu saling berhubungan atau saling komplikasi dok .. ??

    Misalkan seperti orang itu kena asam urat apakah dia bisa juga kena diabetes dan kolesterol .. ??

    Terima Kasih dok .. ☺️🙏

  • Reply teguh Gö March 22, 2019 at 2:50 am

    Dok apakah di perboleh minum air putih banyak atau harus di kurangi supaya tdk sering kencing.mohon di jawab dok

  • Reply Septiana Sobari March 25, 2019 at 3:25 pm

    mlm dok, tanya dong. pasca batuk 100hari (menurut org2) batuk saia lumayan reda, udh kedokter tp blm sembuh sepenuhnya. tp knp punggung sblh kanan saia sakit klo batuk? mcm2 saia minum. neuralgin, neorhemacyl,binahong,panadol, obat gosok utk balur punggung gak mau reda jg sakit punggung. knp ya dok? itu saia keluhan saia. terima kasih jawabannya, salam sehat 😊 oh ya usia saia 52thn

  • Reply Bidan Nisa March 27, 2019 at 4:49 am

    Dok saya mau tanya tentang obat herbal KOLAGIT untuk diabetes itu baik tdk ya untuk d konsumsi?

  • Reply Rifani Fitri April 4, 2019 at 8:25 am

    Dok apakah penderita diabetes yg sudah mengkonsumsi insulin dapat di hentikan ? Dengan menjaga pola makan .

  • Reply COSTICA CRISTIAN April 13, 2019 at 6:46 pm

    Vezi aici cel mai bun tratament pentru diabet https://laclinica.club/dib/

  • Reply Sayu Kamariani April 14, 2019 at 2:08 pm

    Dok, apakah kena penyakit diabetes bisa hamil

  • Reply Bie Soed April 19, 2019 at 1:35 am

    Good info …. sangat bermanfaat dan terimakasih sukses terus dok !!!

  • Reply Ernawati Erna April 23, 2019 at 2:33 pm

    Ini pnjlasan yg enak di dengar

  • Reply Fuzaimy Felany April 24, 2019 at 4:23 pm

    Terima kasih sharing. Rawat kencing manis sblm melarat

  • Reply Masnah B April 25, 2019 at 9:27 pm

    Dokter itu bayam atau sawi ya yang bisa dikonsumsi penderita diabetes karna dokter blg bayam tapi kayanya gambarnya sawi. Mksh

  • Reply nitantis 2014 April 27, 2019 at 11:21 am

    Terimaksih dokter,manfaat sekali 🙏🙏🙏🙏

  • Reply Nabiela Nabil May 2, 2019 at 3:52 pm

    Trimakasih empormasiny pak dokter

  • Reply Idah Fatkhur Rohma May 14, 2019 at 3:50 pm

    vitamin apa DR

  • Reply مي زين الش May 17, 2019 at 1:43 am

    Makasih dok atas infonya….sangat Bermanfaat buat kami.

  • Reply Nutrisi Nasa May 17, 2019 at 2:55 pm

    Diabetes Sembuh Tanpa Kambuh !!!

  • Reply Karmiyati Rahardjo May 19, 2019 at 3:39 pm

    Terima kasih dokter…..

  • Reply Salam damai May 22, 2019 at 3:45 pm

    Terimakasih dok saranya

  • Reply Bogel Kahot May 22, 2019 at 9:16 pm

    Apa dan kaya gimana dok penyakit gula kering itu

  • Reply Nur Aisyah May 23, 2019 at 11:57 am

    Terimakasih dokter sung atas infonya,salam hebat luar biasa

  • Reply Ichak Iskandar June 7, 2019 at 10:47 pm

    terimakasih dr sung..infonya bermanfaaf bangets

  • Reply Nurullaily Lally June 8, 2019 at 12:53 pm

    Kerja nya soper bess duduk berjam" makanya gk terator gimana solusi nya pak dok ter.

  • Reply Whati whati Whati June 12, 2019 at 7:08 am

    Makasih dokter

  • Reply PAKєкσ Gaming June 17, 2019 at 12:20 pm

    Permisi dok,dok boleh gak minum jus mangga sama makan tahu

  • Reply Jerry Widjaja June 17, 2019 at 8:19 pm

    Dokter sun bs di kontak dimana ya apa bs WA sy 081284660701

  • Reply cs go June 18, 2019 at 5:53 pm

    Sebaik nya, mengatur pola makan yg sehat & baik, bagi pesakit diabetes.Di antara nya, seperti mengurangi pengambilan makanan & minuman yg tinggi kadar gula nya, kerana ia boleh mempengaruhi kadar gula dlm darah.Mengambil buah – buahan & sayur – sayuran, yg tinggi dgn serat terlebih dahulu, selepas itu, baru lah boleh mengkonsumsi makanan yg manis.Dgn mengambil makanan yg tinggi dgn serat, ia dapat menyerap secara perlahan – lahan, kadar gula di dlm darah, secara tidak langsung ia boleh mencegah lonjakan kadar gula yg tinggi dlm darah, dgn ini, kadar gula menjadi stabil dlm darah & ini boleh memberi kan efek yg positif kepada kesihatan & individu yg mengalami diabetes.Demi kesihatan yg lebih baik & berkualiti.Okey, thank you so much, dok.
    " Friendship forever."😊😊.
    From – your best friend, Ani trengganu m'sia.
    Salam hebat luar biasa….!!

  • Reply Faridahanum Hanum Hanum June 20, 2019 at 4:40 am

    Knp madu gak boleh kan manisnya alami

  • Reply Gloria Hasibuan June 21, 2019 at 4:36 am

    Tks dokter Sung atas penjelasannya dgn jelas dan mudah dimengerti , semoga kami penderita diabetes dapat menjalankan anjuran dokter .

  • Reply Ibu Atik June 26, 2019 at 7:14 am

    Ber manfaat banget dok makasi ya dokter

  • Reply AGT Liana June 29, 2019 at 9:29 am

    Terimakasih infonya Dok..

  • Reply Kristianson Kria June 30, 2019 at 9:58 am

    Terima kasih Dokter infonya yg sangat bermanfaat bagi saya.

  • Reply Bunda silvi July 2, 2019 at 5:39 pm

    Asalkm, dok, mf sy,mau ty, di bagian otak belakng bagian kanan, sakit bgt seperti denyut bisulan apa itu darah tinggi apa gejala tumor otak, apa kolestrol ku tinggi cm itu yg ku ty kn dok, mksh seblm ny,

  • Reply yuki chan July 5, 2019 at 5:32 am

    Thanks ya dok atas infonya…

  • Reply sartika nainggolan July 5, 2019 at 11:29 pm

    Makash banyak Dr. Sung imponya senang bangat ilmunya Dr. Sung dibagi. ini buat bantu teman.Maju trus Dr. Sung.

  • Reply kezia azarhy July 6, 2019 at 3:03 am

    Dok saya terkena diabet ,dua bulan yang lalu BB saya 70kg setelah konsumsi obat sudah 2bulan BB saya turun 10kg itu termasuk diabet apa ya mksih dok

  • Reply ketek seksi July 7, 2019 at 6:10 pm

    chromium picolinate beneran berfungsi kah ?

  • Reply Thibbil Qhulub July 11, 2019 at 12:14 pm

    Terima kasih dok info dan sarannya,

  • Reply Rahman Hunt July 11, 2019 at 1:54 pm

    Dokter bikin video juga Dok apakah benar makan buah dulu sblm makan utama lebih baik?

  • Reply fatma wati July 12, 2019 at 4:23 am

    Mksi infox dokter sung

  • Reply cs go July 14, 2019 at 1:56 pm

    Hello dokter sung!🙋Selamat malam.Buat best friend tersayang di sana,semoga dok,berada di dlm keadaan sihat & baik – baik selalu ya, my best friend.😊.Tips yg di bahas kan,menyampai kan solusi yg bermanfaat serta berfaedah, yg dapat membantu mengurangi penyakit diabetes,bagi individu yg mengalami nya.Selain dapat di jadi kan panduan yg berguna,yg dapat di laku kan,di dlm menghadapi & menangani penyakit diabetes dgn sebaik nya.Demi kehidupan yg lebih baik & berkualiti.Okey, thank you dok,di atas informasi yg berguna.
    " salam persahabatan & salam sayang."😊😊💖.
    From – your best friend, Ani trengganu m'sia.
    Salam hebat luar biasa….!!

  • Reply Banyu Latte July 14, 2019 at 5:05 pm

    Dok apakah penderita boleh konsumsi teh hijau?

  • Reply indah farrelina July 22, 2019 at 1:00 am

    Good morning dok sy mau nany nih dok ibu sy kaki nya bengkak klo di pencet itu kempes itu apakah tandanya kena penyakit gula atau kencing manis ya dok trimakasih

  • Reply SankiSmy Kirana wati July 24, 2019 at 6:34 am

    Maaf dok mau tanya…apakah penderita diabetes boleh melakukan diet atau minum pelangsing…mksh

  • Reply Linda Pasaribu July 27, 2019 at 1:03 pm

    Trims dokter atas infonya

  • Reply lem berit July 27, 2019 at 5:36 pm

    Klw makan nya ikan asin sambel lalap sehat ga dok

  • Reply Tri As gibleee July 28, 2019 at 3:26 am

    Dok terima kasih atas informasinya.

  • Reply Izzy Sinurat July 28, 2019 at 3:20 pm

    Chromium picolinate ya dok? Apakah harus pakai resep? Apakah ada efek samping? Trimakasih sebelumnya

  • Reply Deswita putri August 1, 2019 at 2:31 pm

    Makasih ya dokter atas saran nya

  • Reply Anita Rosadlima August 3, 2019 at 9:13 am

    Dokter. .saya mau tanya kalau kita suka minum air es tebu itu boleh nggak Dok. ? Salam…

  • Reply Adijat Aditya August 6, 2019 at 2:46 am

    Trimakasih doter atas sarannya

  • Reply Aldi herlambang August 6, 2019 at 10:53 am

    Ini bisa menyembuhkan diabetes

  • Reply Ema Ema ajah August 8, 2019 at 3:31 pm

    Dok,aku diabet juga asam urat,gimana tuh dok,trim,s dok

  • Reply Asep Fugy August 10, 2019 at 3:49 am

    Selamat siang dok, mau tanya penyesuaian bagi penderita diabetes tetapi profesi nya memang pengemudi Bis Malam dimana waktu duduknya itu relatif lama, mohon solusi & pencerahannya dok. terima kasih sebelumnya 🙏🙏

  • Reply hana renata August 12, 2019 at 11:17 am

    https://youtu.be/qCuaErouZjY vidio ini bagus jg untuk jd refrensi pengobatan cara herbal guys,,,,,tetangga saya ud buktikan

  • Reply Saverius Saverius August 12, 2019 at 11:18 am

    Seringkali kencing malam, apakah itu sudah deabetis?????? tolong jawab

  • Reply Yosefa Karlin Christanto August 13, 2019 at 1:48 am

    Klo sosis boleh gk

  • Reply Yosefa Karlin Christanto August 13, 2019 at 1:53 am

    Dok salah dimana klo tes darah hslnya sllu :puasa tinggi 126 ssdh makan 2jam 185 mks sy umur 70 msh kerja sbg kasir mksh

  • Reply Winaryati Winaryatihac August 15, 2019 at 7:31 am

    terimakasih dok atas chenel yang di buat sehingga dapat berbagi ilmu dan pengetahuan buat orang banayak, semoga dokter sung semakin sukses. SALAM sehat indonesia.

  • Reply Toto Marnanto Kadri August 15, 2019 at 6:27 pm

    Diabetes tipe-2, seperti dialami kebanyakan orang adalah karena resistensi insulin tinggi, atau dengan kata lain tubuh kita menolak glukosa. Sepertinya, resistensi insulin ada dari tingkat ringan sampai tingkat berat. Glukosa di darah, yang ditolak oleh tubuh, berasal terutama dari konsumsi (makan dan minum) semua jenis karbohidrat. Saya sudah lama, puluhan tahun diabetes, usia 68 tahun, dan seperti diabetes sudah agak parah. Gula darah mudah melonjak tinggi. Jadi yang saya lakukan adalah hindari konsumsi semua karbohidrat sejauh mungkin, termasuk hindari konsumsi karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Sayur yang dimakan hanya yang berbentuk daun hijau. Makan protein dan lemak hewan (sapi, kambing, ayam, telor, ikan, hewan laut lain) secukupnya saja. Cari protein dan lemak hewan yang tidak mahal. Banyak makan telor, termasuk kuning telor. Gula darah bisa normal, banyak di bawah 100 mg/dl, HbA1c bisa 5,5%. Tanpa obat apapun (berhenti minum obat). Saya merasa lebih sehat, dan sehari-hari beraktivitas biasa. Sudah lama tidak kena penyakit seperti flu dsb. Mohon maaf kalau saya menyampaikan ini, tetapi itu yang saya alami. Mungkin bagi orang lain berbeda, saya tidak tau.

  • Reply Adnan athafaris August 21, 2019 at 1:28 am

    TERIMA KASIH BANYAK DOKTER ATAS PENJELASANNYA

  • Reply Yazid 3487 August 23, 2019 at 9:49 am

    admin nanya mana yg lebih baik makan ubat kencing manis atau merawat kencing manis dengan insulin , kalau insulin ada kesan sampingan atau tidak ?

  • Reply Asma Rina August 23, 2019 at 1:51 pm

    Tksh dokter ganteng infonya

  • Reply Rumah Herbal Al Fathir WA :083808547472 August 26, 2019 at 6:47 am

    Bagi yg mempunyai diabet silakan wa 083808547472 herbal alami dr tanah arab

  • Reply NR CHANEL OK August 26, 2019 at 1:50 pm

    Jan lupa mampir Chanel aku ya

  • Reply riana darmawan August 30, 2019 at 10:24 am

    https://cmihospital.com/artikel/detail/11

    ikutan sharing saya nemu artikel ini bagus juga

  • Reply Kasri Sri August 31, 2019 at 9:55 pm

    Dok tapi katanya asam urat ga boleh makan kacang bayam kol aku kan punya penyakit asam urat bagemana dok

  • Reply Vhera Wati September 3, 2019 at 4:21 pm

    Assalamualaikum. Sekedar berbagi info. Alhamdulillah tetangga dan teman saya mengkonsumsi produk herbal, diabetesnya dalam jangka waktu satu bulan sembuh.
    Untuk info produk hub WA 082296615271.

  • Reply Yati NugrAha September 4, 2019 at 3:56 pm

    Pak kalo jantung koroner gimana dietnya,mksh

  • Reply Mullyana Mully September 5, 2019 at 12:02 am

    Aslmkm. Dok bagaimana caranya agar berat badan bisa naik untuk penyakit kecing manis

  • Reply Farid Ma'ruf September 7, 2019 at 1:08 pm

    saya tinggal di Cikarang dimana saya dapat membeli obatnya

  • Reply Anwar Yanwar September 8, 2019 at 12:38 am

    Terimaksih dok atas sarannya

  • Reply rika afriani September 8, 2019 at 4:19 am

    Dok bagaimana cara mengatasi diabetes insidipus secara alami dan penyebabnya

  • Reply Sumiati Jupe September 13, 2019 at 3:45 pm

    Terima kasih Dok Atas Pemberi Tahuan nya

  • Reply Agustan Kadir PTN September 15, 2019 at 12:40 am

    Dok saya pria berusia 52 th jarang berolah raga, yg menjadi masalah BAB saya tidak normal terkadang 2 Minggu sekali, apa yang harus saya lakukan spy BAB saya bisa normal, terima kasih dok atas sarannya.

  • Reply Alif Arfadian September 16, 2019 at 1:31 am

    Dok tangan dan kaki saya akhir" ini sering kebas dan kesemutan. Apakah ini gejala diabetes??

  • Reply eka aprilia September 18, 2019 at 4:20 pm

    Dokter sya umur 31 tahun tapi gula sya 225

  • Reply Super Hiro September 19, 2019 at 4:51 am

    Dok sya umur 60 kadar gula acak 190 gimana ini apa sudah terkena diabet

  • Reply Fajarianti Yanti September 21, 2019 at 11:34 am

    Dok gula darah 118 apakah dah termasuk kategori diabet

  • Reply Sumarni Aza September 25, 2019 at 6:33 am

    Gimana merawat orang kencing manis dah tahap lumpuh tapi dia mengalami kencing manis kering dan sekarang dah lumpuh total kira kira bisa sembuh enggak ya Dokter

  • Reply Jum Jumarni September 25, 2019 at 2:18 pm

    Oke terimakasih pk dokter nasehatnya,sngt ber mnfa,af skli,

  • Reply Tar Jtm September 27, 2019 at 9:49 pm

    Pikir2 dulu sebelum Pake Smartfren
    Saya kecewa dengan layansn snartfren.
    Nonton Youtube pake Smartfren, sangat tidak nyaman, karena layar sering hilang dan lambat

  • Reply baharudin Hanafy September 29, 2019 at 1:50 pm

    Dok saya minta tolong.tuk solusi nya poligami🤣

  • Reply cs go September 30, 2019 at 1:48 pm

    Hello Dokter Sung!🙋Selamat malam,my best friend.Bagaimana kondisi,my best friend di sana?Semoga best friend tersayang,berada di dlm keadaan sihat & baik – baik selalu ya.😊.Apa yg di sampai kan,menjelas kan solusi yg berfaedah & bermanfaat,bagi individu yg mengalami diabetes.Agar dapat mengetahui & mengerti bagaimana utk mengatasi diabetes,dgn kaedah yg terbaik & sesuai.Demi kehidupan yg lebih baik & berkualiti.Okey, thank you my best friend,sudi share informasi yg berguna.😊.
    " Salam persahabatan & salam sayang."😊😊💖.
    From – your best friend, Ani trengganu m'sia.
    Salam hebat luar biasa…..!!

  • Reply Tanti Tina October 3, 2019 at 1:23 am

    Obat eksim apa dok

  • Reply Igede adi Saputra October 5, 2019 at 11:47 am

    Terimakasih kk 😀

  • Reply macan NKRI October 5, 2019 at 1:21 pm

    Katanya kacang kacangan bisa meningkatkan asam urat dok? Hidup serba repot obat juga efek samping,mana yg betul dok?

  • Reply Acep Silalahi October 7, 2019 at 4:09 pm

    Dok kl badannya udah kurus
    Tp gulanya 370
    Solusinya bagaimaan…
    Makasih.

  • Reply Melly Rohmah October 9, 2019 at 5:42 pm

    Doc…. orang kurus bisa kena kolestrol gak… tensi darahku kadang 125/75 kadang 130/80…. tp kadang leher belakang sakit… gampang emosi juga…

  • Reply susi lowati October 10, 2019 at 2:12 am

    dok ..apa bener kentang .tomat jagung buncis ..itu ber bahaya bg penderita diabetes

  • Leave a Reply